Minggu, 02 Januari 2011

Cara mudah mengoptimalakan kinerja PC


Hahahahaha................ Anda punya masalah pada komputer anda, mungkin komputer anda lalot (Lama loding) atu bahasa gaulnya leg seperi main game on-line aja !!! hahahahaha............... Langsung saja penjelasanya !!! PC alias komputer memerlukan perawatan agar selalu bisa bekerja seoptimal mungkin. Karena komputer yang lambat tentu sangat menghambat kreatifitas kita. Berikuta adalah 10 cara paling mudah untuk mengoptimalkan kinerja PC tanpa harus menginstall software, asal dilakukan secara rutin maka dijamin komputer kita akan selalu bekerja optimal sesuai standar spesifikasi CPU komputer kita :
  1. Ketika menghidupkan PC, pastikan PC telah menyelesaikan proses Boot-up, baru menjalankan aplikasi atau membuka program. Cek pada lampu LED merah komputer di CPU, pastikan sampai lampu LED berhenti berkedip, baru buka aplikasi atau program yang diinginkan.
  2. Selalu melakukan Refresh setelah menutup aplikasi atau program, hal ini berguna untuk menghapus memory yang tertinggal di dalam RAM.
  3. Jangan menggunakan image Wallpaper yang memilik size image yang terlalu besar. Jangan menyimpan file wallpaper di Komputer terlalu banyak, terlebih jika komputer kalian hanya memiliki RAM sekitar 64 MB
  4. Jangan menaruh Shorcut terlalu banyak pada desktop. Ingat, setiap shortcut menelan memory sebesar 500 byte dari RAM komputer kita.
  5. Hapus file pada temporary internet files secara rutin.
  6. Kosongkan Rycicle Bin secara teratur. Karena RAM selalu menginventarisir file yang ada dalam Recycle Bin, yang berakibat melelahkan kinerja RAM komputer.
  7. Lakukan Defragment komputer setidaknya 2 bulan sekali. Ini penting untuk melakukan penataan file dalam disk drive dan membebaskan free space komputer. (Ada sedikit tambahan !!! kalau lagi Defragment usahakan jangan sampai PC mati sebelum selesai karna dapat merusak HDD).
  8. Selalu membuat Partisi pada komputer. Usahakan melakukan instalasi program pada partisi kedua komputer (seperti Photoshop, CorelDraw, Game dll). Windows menggunakan space kosong pada Drive C sebagai virtual memory ketika RAM pada komputer penuh. Usahakan space pada Drive C sekosong mungkin.
  9. Ketika menginstal Software baru, jangan menaruh Icon pada Tray Icon . Karena Tray Icon memakan memory pada RAM komputer, dan memperlambat proses booting komputer. Opsi ini bisa dilakukan pada menu Tools atau preference
  10. Selalu menjaga CPU Fan dari terkena debu. Karena debu menghambat fungsi Fan dalam mendinginkan prosesor komputer.
  11. Gunakan beberapa aplikasi Utility yang diperlukan saja untuk merawat kinerja PC.
  12. Jangan menginstal program yang berlebihan (tidak diperlukan) karna dapat memperlambat kinerja PC.
  13. Jangan menginstal program yang tidak sesuai dengan spesifikasi PC.
Sekian tips cara mengoptimalkan kinerja PC !!!
Jangan lupa berikan tanggapan dan komentar !!!
blogger-emoticon.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar