Senin, 12 September 2011

DNS dan Proxy ? Apa definisinya ?


Wow-wow agan-agan yang saya sayangi pada kesempatan kali ini gw akan sahring ilmu neh seputar DNS dan Proxy....... Udah pada tau blm ? Walah kemungkinan sih dah ada yang tau tapi kalo blm pada tau nih gw kasih tau definisi DNS dan Proxy... Yang dah tau kasih komentar kali ada yang kurang dari penjelasan gw... Ok ? ya langsung aja kita mulai......


Proxy, adalah suatu aplikasi yang menjembatani antara client dengan ISP. Proxy dapat dipahami sebagai pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara. Jadi Proxy Server, adalah salah satu sarana untuk koneksi internet bersama2,dimana kita hanya perlu menyediakan sebuah koneksi internet dan yang lain akan bisa konek melalui proxy server ini. Salah satu fungsi proxy adalah untuk menyimpan cache. Apabila sebuah LAN menggunakan proxy untuk berhubungan dengan Internet, maka yang dilakukan oleh browser ketika user mengakses sebuah url web server adalah mengambil request tersebut di proxy server. Sedangkan jika data belum terdapat di proxy server maka proxy mengambilkan langsung dari web server. Kemudian request tersebut disimpan di cache proxy. Selanjutnya jika ada client yang melakukan request ke url yang sama, akan diambilkan dari cache tersebut. Ini akan membuat akses ke Internet lebih cepat.
DNS (Domain Name Services), yaitu server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.Fungsi DNS, yaitu menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.contoh.com di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 192.0.32.10 (IPv4) dan 2620:0:2d0:200:10 (IPv6).
Jadi bgmna gan ? Masih ada yang kurang ? Klo ada silahkan kasih komentarnya !

0 komentar:

Posting Komentar